BLESSING FAMILY CENTRE SURABAYA

Gembala Sidang : Pdt. Jusak Santoso
JADWAL IBADAH RAYA : New Grand Park Hotel Jl. Samudra 3 - 5 Surabaya.
Minggu Ibadah Raya I ~ Pk. 06.00 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak I (Sekolah Minggu I) ;
Minggu Ibadah Raya II ~ Pk. 08.30 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak II (Sekolah Minggu II) ;
Minggu Ibadah Raya III ~ Pk. 17.00 WIB Di Ruko Pengampon Square F-28 Jl. Semut Baru Surabaya.
Minggu ketiga, Ibadah Raya I,II & III Setiap bulannya disertai dengan Sakramen Perjamuan Kudus.

JADWAL KEBAKTIAN : Di Ruko Pengampon Square Blok F-28 Jalan Semut Baru Surabaya.
Senin Pk. 18.30 WIB Pendalaman Alkitab.
Selasa Pk. 10.00 WIB Kebaktian Kaum Wanita. Pk. 18.00 WIB Kebaktian Cabang (Jln. Tegalsari No. 62 Surabaya).
Rabu Pk. 10.00 WIB Doa & Puasa. Pk. 18.30 WIB Doa Malam.
Kamis Pk. 22.00 WIB - 04.00 WIB DOA SEmalam suntuk di kantor gereja
Jum'at Pk 22.00 WIB - 04.00 WIB Doa semalam suntuk di Trawas
Sabtu Pk. 18.30 WIB Youth Community.
Senin s/d Sabtu Pk. 04.30-05.30 WIB Doa Pagi .

"Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!" (Yesaya 55:6)

VISI dan MISI Gereja

VISI : Mempersiapkan diri menjelang datangnya hari Tuhan yang mulia.

MISI : Melahirkan generasi yang hidup dengan cara seperti Kristus telah hidup

Senin, 21 Mei 2012

FAEDAH PERJAMUAN SUCI

Fatsal XXI D

FAEDAH PERJAMUAN SUCI

Mengapa Perjamuan Suci mendatangkan faedah?

Orang yang mengambil bagian dalam Perjamuan Suci dengan betul, ia harus tetap disalibkan dan sungguh-sungguh sudah lepas dari segala kenajisan dunia, hidup sebagai Imam-imam di hadapan Allah, tidak lagi makan minum dari hidangan setan dan cawan sundal Babil. Hasilnya : hadirat Tuhan menjadi nyata dalam hidupnya, dengan segala macam berkat-berkat ilahi. Lebih-lebih kalau seorang makan Perjamuan Suci dengan betul dan sering seperti dalam Kis 2:42 (setiap hari), maka faedah Perjamuan Suci betul-betul berlipat ganda baginya.

Kalau kita perinci satu persatu faedah Perjamuan Suci ini adalah sebagai berikut :

D I. IMANNYA HIDUP DAN TUMBUH

Dalam Yohanes 6:53-58 dengan jelas Tuhan berkata bahwa kita akan hidup (iman kita, roh kita) karena makan tubuh Tuhan dan minum darah-Nya.

Hidup yang "disucikan" itu seperti carang yang terus lekat pada pokok Anggur, pasti segar, ada sukacita, ada sejahtera, ada kuasa, ada urapan dan pimpinan Roh Kudus yang menghasilkan buah-buah yang limpah (Yoh 15:1-8). Hidup seperti ini indah dan makin indah.

D II. PERSEKUTUAN TUBUH KRISTUS

Persekutuan di dalam tubuh Kristus itu berarti :

1. Dengan Tuhan (I Kor 10:16).

2. Dengan anggota-anggota tubuh Kristus lainnya.

I Korintus 10:17 "Karena roti adalah satu, maka kita, sekalipun banyak, adalah satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu."

Orang yang punya kebencian, dendam, iri, benci, fitnah dll dosa terhadap sesamanya, tidak boleh makan Perjamuan Suci. Mereka harus membereskan terlebih dahulu, diperdamaikan dengan sungguh-sungguh, baru boleh makan Perjamuan Suci.

Dengan demikian dalam Perjamuan Suci yang betul tidak lagi ada tempat untuk dendam, benci, iri dan sebagainya. Umat Tuhan harus saling mengampuni, dan bersekutu dengan manis. Betapa indah kalau umat Tuhan dapat bersekutu dengan sehati di dalam Kristus, maka mereka akan menjadi amat kuat (Im 28:6) dan akan mengerjakan banyak perkara-perkara yang besar-besar dalam proyek / rencana Allah. Kalau kita berjalan dalam terang, ada persekutuan dengan Tuhan, maka juga akan ada persekutuan dengan sesama orang-orang yang lahir baru (I Yoh 1:7; 2:9-11).

Perjamuan Suci yang dilaksanakan dengan betul akan menyucikan dan menyatukan umat Tuhan oleh pertolongan darah Kristus dan Roh Kudus, sangat heran.

D III. SIAP SETIAP SAAT, BERJAGA-JAGA, TIDAK TIDUR

Sesudah kita disucikan dan dilepaskan dari dosa, kalau kita tidak berjaga-jaga, maka masih mungkin dapat jatuh kembali dalam dosa. Lebih-lebih kalau dosa itu dibiarkan, maka dosa itu akan tumbuh dan bekerja merusakkan orang itu (Ams 6:27-28).

Sebab itu Tuhan memperingati kita untuk tidak memberi tempat pada iblis (Ef 4:27), segera ada pikiran jahat mau masuk, kita usir keluar. Kita harus tinggal di dalam kesucian terus menerus. Tinggal selalu di dalam Tuhan itu di dalam kesucian, bukan di dalam dosa. Roh Kudus akan menolong kita dalam hal ini, sebab kalau Roh Kudus melihat ada perkara-perkara dosa timbuk/masuk, ia langsung akan memperingati kita.

Juga kita harus bertekun di dalam doa dan Firman Tuhan (berjaga-jaga dengan berdoa) sehingga dengan demikian kita tidak mudah kena (jatuh) dalam pencobaan(Mat 26:41)

Justru dalam hal ini Perjamuan Suci sangat berfaedah, lebih-lebih kalau Perjamuan Suci dilakukan dengan rutin, sering dan teratur (tetapi setiap kali dengan betul).

Setiap kali kita memeriksa diri kita, dibantu Roh Kudus yang berkata-kata di dalam hati kita (Maz 139:23-24). Baik masa dahulu, masa kini dan masa yang akan datang harus diperiksa dan kalau ada dosa harus segera dibereskan sebelum minum Perjamuan Suci! Kalau dengan tulus kita memeriksa diri setiap kali, maka setan tidak dapat "menitipkan" dosa lebih lama lagi dalam hati kita, langsung buang dan dibereskan, kembali dalam kesucian di dalam Kristus !

Lukas 12:37 "Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka."

Dengan sering mengambil bagian di dalam Perjamuan Suci, kita diperiksa setiap kali, sehingga kita siap setiap saat menunggu kedatangan Tuhan, tidak sampai ketinggalan.

Kita harus berjaga-jaga setiap saat untuk :

1. Bertemu dengan Tuhan (Amos 4:12; Wahyu 16:15).
2. Diurapi untuk melakukan kehendak Allah (Pkh 9:8), dengan ini sekaligus kita tumbuh (orang yang hidup dalam dosa, tidak akan tumbuh rohaninya, malahan merosot).

D IV. PEDANG BERMATA DUA

Orang yang mendengar Firman Tuhan dan percaya lalu taat, itu beruntung, sekalipun orang kafir, misalnya dalam Kel 9:20-21; apalagi bagi orang-orang beriman (Lukas 11:28; Yoh 13:17).

Tetapi ada beberapa banyak orang Kristen yang sudah mendengar Firman Tuhan, namun tidak mau taat; nampaknya mereka mendengarkan sungguh-sungguh dan dengan hormat, tetapi hidupnya tidak berubah dan menjadi sia-sia, sebab tidak mau taat (Mat 13:19). Ada beberapa banyak "pendengar-pendengar yang terhormat" di dalam Gereja, yang tidak berubah hidupnya, dan sebab itulah mereka tidak merasakan berkat dan anugrah Allah yang luarbiasa, karena mereka bukan tergolong penurut!

Yakobus 1:22 "Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku (TL.: penurut) firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri."

Kombinasi Perjamuan Suci dengan Firman Tuhan (seringkali atau biasanya Perjamuan Suci dilakukan sesudah Firman Tuhan) itu seperti pedang bermata dua (dua sisinya tajam).

Pada waktu Firman Tuhan diberitakan Roh Kudus akan mendorong orang-orang yang mendengar untuk taat (lebih banyak pengurapan pada pendengar dan pada si pengkhotbah, lebih kuat dorongan ini, seperti Tuhan Yesus di dalam Mat 7:29). Kalau sesudah Firman Tuhan dilakukan Perjamuan Suci, maka ini memojokan para pendengar untuk dengan segera, sekarang juga mentaati Firman Tuhan yang sudah dimengertinya dan membuang semua dosa-dosa yang diterangkan oleh Firman Tuhan. Memang ini dituntut oleh Tuhan.

Ibrani 3:15 sedangkan sudah tersurat: "Pada hari ini, jikalau kamu mendengar suaraNya, janganlah kamu mengeraskan hatimu seperti pada masa Penggusaran"

Orang yang memang mau taat, (dan mau bertobat kalau ada dosa), di dalam setiap Perjamuan Suci, akan diperiksa dan kalau perlu disucikan (kalau ada dosa). Dengan demikian ia akan tetap terpelihara di dalam kesucian Kristus, dan ini tentu lebih manis dan kuasanya lebih besar, ia akan tumbuh makin cepat seperti Kristus dalam kuasa dan kemuliaan-Nya.

Anak-anak Allah tidak boleh menolak Perjamuan Suci, itu juga dihukum Allah, sebab adalah kehendak Allah untuk membuang setiap dosa "hari ini" dan tinggal dalam kesucian senantiasa.

Bilangan 9:13 "Sebaliknya orang yang tidak najis, dan tidak dalam perjalanan, tetapi lalai merayakan Paskah, orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya, sebab ia tidak mempersembahkan persembahan yang kepada TUHAN pada waktunya; orang itu akan menanggung akibat dosanya."

Jangan melalaikan kesempatan pencucian hari ini, setiap hari, supaya "carang" itu terus menerus tinggal di dalam "pokok" dan lebih banyak buahnya, lebih berarti hidupnya dan lebih menyerupai seperti Yesus.

D V. MENGENAL KEHENDAK ALLAH LEBIH JELAS.

Kleopas dan temannya belum dapat mengerti sepenuhnya penjelasan Tuhan Yesus tetapi pada waktu mereka makan Perjamuan Suci, matanya celik dan terbukalah pikirannya.

Lukas 24:30 Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.

Lukas 24:31 Ketika itu terbukalah mata mereka dan merekapun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.

Begitu heran faedah Perjamuan Suci bagi orang yang mau disucikan, Roh Kudus akan mencelikkan mata hatinya. Kita akan mengerti kehendak Tuhan dalam hidup kita dan segala tipu daya dan siasat setan akan terbuka jelas sehingga kita tidak tersesat dalam jerat iblis (II Tim 2:26; II Kor 2:11) dan tetap dipimpin Roh Kudus, berjalan dalam kehendak Allah.
Jalan dengan Allah (tentu di dalam kesucian) itu sangat indah, itulah jalan yang berkemenangan, berbuah-buah penuh sejahtera dan semua rencana Allah yang indah-indah bagi kita akan jadi dengan heran (Yer 29:11).
Perjamuan suci membuat hidup orang-orang yang sungguh mau memperkenankan Tuhan, menjadi indah dan penuh perbuatan Allah yang ajaib.

Mazmur 40:6 Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung.

D. VI. BANGKIT DAN HIDUP KEKAL

Mayat dari orang-orang beriman satu kali kelak pada hari kedatangan Tuhan Yesus (1tes 4:16) akan dibangkitkan dalam tubuh kebang-kitan yang mulia seperti tubuh ke bangkitan Tuhan Yesus (pil 3:21).
Apa yang menyebabkan mayat itu bangkit? (untuk penjelasan terperinci bacalah buku "Hidup sesudah kematian" oleh pengarang yang sama.

Ada tiga hal yaitu:
1. Oleh Roh Kudus Rum 8:11
2. Oleh Firman Tuhan Yoh 6:63,68
3. Oleh Perjamuan Suci Yoh 6:54

Yohanes 6:54 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

Kalau selama hidup seorang terisi dengan perkara-perkara ini, ia akan bangkit pada hari kedatangan Tuhan Yesus. Kalau tidak, ia akan bangkit pada hari kebangkitan orang berdosa untuk masuk dalam penghukuman kekal (Wahyu 20:12; Yoh 5:29). Tidak ada pilihan lain lagi!
Kalau pada waktu Tuhan Yesus datang kita masih hidup, maka tubuh kita akan berubah dalam sekejab menjadi tubuh kebangkitan yang mulia, lalu ikut dalam pengangkatan, bertemu Tuhan Yesus di dalam awan-awan hadiratNya (1tes 4:17; 1kor 15:52,53 untuk keterangan leng-kap bacalah buku "Peristiwa-peristiwa Akhir Zaman" oleh pengarang yang sama). Begitu besar faedah Perjamuan Suci yang dimakan dengan betul.

D.VII. RENCANA ALLAH PADA AKHIR ZAMAN DENGAN PERJAMUAN SUCI

Anak-anak Allah yang terus menerus mengambil bagian dalam Perjamuan Suci dengan betul dan tulus akan tumbuh makin baik dan makin suci, dan ikut serta dalam rencana Allah di akhir zaman ini.

1. Perjamuan Suci juga akan mencapai tingkat yang sempurna seperti Paskah yang dibuat oleh Yosia itu paling top, belum pernah dicapai sebelumnya.

2Raja-raja 23:22 Sebab tidak pernah lagi dirayakan Paskah seperti itu sejak zaman para hakim yang memerintah atas Israel dan sepanjang zaman raja-raja Israel dan raja-raja Yehuda.

Begitu juga pada zaman kita sekarang ini, Allah akan menyempurnakan Perjamuan Suci bagi GerejaNya.
Maksudnya untuk memberikan hasil-hasil Perjamuan Suci yang maximal untuk GerejaNya supaya Gereja Tuhan dapat ikut serta dalam proyek akhir zaman dari Tuhan yang berhasil.

2. Disempurnakan dalam Tabut.
Roti yang ada di Meja Roti Pertunjukan, itu ada lagi di dalam Tabut (Tabut ini adalah bayangan tubuh Kristus yang sempurna, yang menjadi mempelai Kristus). Di dalam Tabut ini ada manna yang tersembunyi di dalam buli-buli emas. Ini menceritakan tentang Perjamuan Suci yang sempurna di dalam Gereja Tuhan.
Tabut dan Ruangan Maha Suci menceritakan tentang kesempurnaan.
Di dalam tabut ada semua alat-alat Ruangan Suci + Perukupan dari Mezbah Dupa.

a. Manna dalam buli-buli emas ~ Perjamuan Suci Meja Roti Pertunjukan.
b. 2 loh batu ~ Firman Tuhan Meja Roti Pertunjukan.
c. Tongkat Harun ~ Pelita
d. Perukupan dari Mezbah Dupa dibawa masuk dalam Ruangan Suci pada hari grafirat.

Jadi Ruangan Maha Suci adalah Ruangan Suci yang yang disempurnakan.
Dengan kata lain kalau seorang sudah disempurnakan dalam Ruangan Suci, ia akan boleh masuk dalam Ruangan Maha Suci.

Sekarang Roh Kudus sedang meningkatkan terus Perjamuan Suci ini yaitu dengan membukakan pengertian-pengertian yang lebih dalam bagi tubuh Kristus di seluruh dunia, dengan meningkatkan faedahnya, begitu seterusnya sampai sempurna.

3. Bela terakhir. Sebelum Gereja "keluar dari Mesir (dunia)", bela ke-X akan melanda seluruh dunia. Semua orang berdosa akan kena bela-bela kenajisan dunia ini sehingga hidupnya rusak sama sekali, tidak mau bertobat lagi dan tiada harapan lagi baginya (anak sulung mati = tidak ada harapan lagi, sebab sudah rusak sama sekali).
Tetapi orang-orang beriman luput, terpelihara oleh "Paskah" yaitu perjamuan suci! (Kel 11:1, 12:17).

Bagaimana caranya?
Sebab Perjamuan Suci membuat orang-orang beriman terpelihara dalam kesucian dan luput dari permulaan serangan-serangan dosa dan kenajisan dunia. Orang-orang beriman makin nyata pengharapannya, nubuatan-nubuatan Alkitab makin banyak digenapi, dan tidak lama lagi hidupnya akan menjadi mulia seperti Kristus (1Yoh 3:1).

4. Perjamuan Suci = jalan masuk menuju kesempurnaan.
Pada waktu Tuhan Yesus mati, tirai terbelah dua (Mat 27:51). Tirai ini adalah tubuh Kristus menurut (Ibr 10:19-20).

Ibrani 10: 19-20 Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat (KJ. Yang maha) kudus, karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir (tirai), yaitu diri-Nya (TL.: tubuhNya; KJ.: dagingnya) sendiri.

Jadi, dengan makan daripada tubuh Kristus yang dipecahkan ini (Perjamuan Suci), kita akan masuk di dalam rencana kesempurnaan Allah. Perjamuan Suci membawa kita masuk dalam kesempurnaan.

5. Makanan burung Nazar.

Perjamuan Suci itu seperti makanan burung Nazar yang terbang dan tinggal di tempat-tempat yang tinggi yaitu di mana ada daging dan darah.

Ayub 39:30 Atas perintahmukah rajawali terbang membubung, dan membuat sarangnya di tempat yang tinggi?

Ayub 39:33 (39-33) anak-anaknya menghirup darah, dan di mana ada yang tewas (ada bangkai - tubuh [= soma] Luk 17:37), di situlah dia."

Orang yang sungguh-sungguh dan tekun makan Perjamuan Suci akan terus meningkat makin tinggi, makin rela dipecah-pecahkan dagingnya" bersama-sama Kristus dan rela dicurahkan darahnya (pil 2:17) yaitu sengsara karena Kristus, sehingga penyerahannya makin sempurna. Andil Perjamuan Suci dalam menyempurnakan penyerahan itu besar! Ini membawa kepada kesempurnaan.

6. Siap untuk pengangkatan.
Dalam Lukas 17:34-37 adalah berita tentang pengangkatan, lalu murid-murid bertanya pada Tuhan di manakah hal itu akan terjadi? Tetapi jawaban Tuhan Yesus tidak menunjukkan suatu tempat tertentu tetapi dengan tepat dikatakan-Nya di sekitar meja Perjamuan Tuhan.

Lukas 17:36 (Kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.)

Lukas 17:37 Kata mereka kepada Yesus: "Di mana, Tuhan?" Kata-Nya kepada mereka: "Di mana ada mayat (KJ.: body [= tubuh, ini daging], inilah meja perjamuan Tuhan bagi anak-anakNya yang hidup tinggi dari dunia seperti burung-burung nazar Ayub 39:30,33), di situ berkerumun burung nasar."

Orang yang makan Perjamuan Suci dengan betul itu siap untuk ikut dalam pengangkatan. Mengapa? Sebab ia sudah membereskan semua dosa-dosanya, semua rencana dan angan-angannya disucikan bagi Allah, dan selalu ada dengan Tuhan dalam melakukan kehendakNya.

7. Gereja dimurnikan.

Gereja akhir zaman akan dibersihkan; orang-orang yang tidak bertobat, lebih-lebih yang akan menjadi antikris dan pengikutnya, dipisahkan dari yang suci. Tempat terakhir dimana orang-orang jahat itu dipisahkanadalah Perjamuan Suci. Di sini orang-orang yang jahat itu nampak jelas, muncul dan pergi, seperti Yudas!
Bila Yudas dinyatakan ? Murid-murid sama sekali tidak tahu kalau Yudas yang akan menjadi pengkhianat untuk membunuh Yesus, guru mereka. Tetapi pada waktu Perjamuan Suci hal ini dinyatakan dengan jelas!

Yohanes 13:27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: "Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera."

Tidak semua yang makan Perjamuan Suci itu berkenan kepada Tuhan. Mereka yang makan Perjamuan Suci dengan niat jahat, dengan tidak bertobat, akan menjadi seperti Yudas, iblis masuk ke dalam hatinya, mengikut dan menguasainya, sehingga ia menjadi pengkhianat Gereja atau tubuh Kristus, yaitu menjadi Antikris!
Justru Antikris itu keluar dari Gereja dari antara kita dan tinggal bercokol dalam Gereja, tentu di dalam Gereja yang salah dan melawan Firman (II Tesalonika 2:4).

I Yohanes 2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

Jangan hanya mengerti Perjamuan Suci, tetapi tetap makan tanpa pertobatan, tetap berkras hati dalam dosa, itu menantang Allah (I Korintus 10:22).
Orang seperti ini akan menjadi jahat seperti Yudas dan akhirnya menjadi Antikris.

D. VIII. KESIMPULAN :

Kita sudah mempelajari betapa indah faedah Perjamuan Suci, yang menumbuhkan dan menguatkan gereja sehingga dapat ikut dalam rencana Allah yang sempurna, yang heran sampai kekal.

Kita sudah mengerti tentang syarat-syarat Perjamuan Suci yang harus dipenuhi sebelum makan minum daripadanya, lebih-lebih pada hari-hari ini dimana Roh Kudus akan makin menyempurnakan Perjamuan Suci bagi faedah Gereja. Sebab itu patutlah kita betul-betul memperhatikan syarat-syarat Perjamuan Suci, lebih-lebih ke dua syarat mati itu, supaya dalam setiap Perjamuan Suci kita betul-betul mengalami kuasa dan faedahnya yang amat besar seperti yang dijanjikan Tuhan, bukan penghukumannya!

Makan Perjamuan Suci dengan dengan betul membuat kita dan Kristus menjadi satu, dan kita dapat hidup di dunia yang sangat najis ini dengan penuh kemenangan yang heran seperti tatkala Bapa menyuruh anakNya berjalan di atas bumi.


Blessing Family Centre

Tidak ada komentar:

Posting Komentar