BLESSING FAMILY CENTRE SURABAYA

Gembala Sidang : Pdt. Jusak Santoso
JADWAL IBADAH RAYA : New Grand Park Hotel Jl. Samudra 3 - 5 Surabaya.
Minggu Ibadah Raya I ~ Pk. 06.00 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak I (Sekolah Minggu I) ;
Minggu Ibadah Raya II ~ Pk. 08.30 WIB (Disertai Penyerahan anak) Ibadah Raya Anak II (Sekolah Minggu II) ;
Minggu Ibadah Raya III ~ Pk. 17.00 WIB Di Ruko Pengampon Square F-28 Jl. Semut Baru Surabaya.
Minggu ketiga, Ibadah Raya I,II & III Setiap bulannya disertai dengan Sakramen Perjamuan Kudus.

JADWAL KEBAKTIAN : Di Ruko Pengampon Square Blok F-28 Jalan Semut Baru Surabaya.
Senin Pk. 18.30 WIB Pendalaman Alkitab.
Selasa Pk. 10.00 WIB Kebaktian Kaum Wanita. Pk. 18.00 WIB Kebaktian Cabang (Jln. Tegalsari No. 62 Surabaya).
Rabu Pk. 10.00 WIB Doa & Puasa. Pk. 18.30 WIB Doa Malam.
Kamis Pk. 22.00 WIB - 04.00 WIB DOA SEmalam suntuk di kantor gereja
Jum'at Pk 22.00 WIB - 04.00 WIB Doa semalam suntuk di Trawas
Sabtu Pk. 18.30 WIB Youth Community.
Senin s/d Sabtu Pk. 04.30-05.30 WIB Doa Pagi .

"Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!" (Yesaya 55:6)

VISI dan MISI Gereja

VISI : Mempersiapkan diri menjelang datangnya hari Tuhan yang mulia.

MISI : Melahirkan generasi yang hidup dengan cara seperti Kristus telah hidup

Rabu, 23 Mei 2012

PELITA

PELITA

Bab XII
A. UMUM

FATSAL I
AYAT-AYAT POKOK

1. PERINTAH

Terjemahan Lama

Keluaran 25:31-40.

31. Demikianpun hendaklah kauperbuatkan sebuah kaki pelita dari pada emas yang suci, perbuatkanlah kaki pelita itu dengan terupam batangnya dan cabang-cabangnya, maka segala kelopaknya dan kuntumnya dan bunganya hendaklah diperbuat iras jua.
32. Maka enam cabang hendaklah terbit dari pada kedua sisinya, tiga cabang daripada sisi satu kaki pelita itu, dan tiga cabang daripada sisi satunya.
33. Maka tiga buah kelopak seperti bunga badam rupanya pada secabang, dan lagi sepucuk kuncup dan sebiji bunga; dan tiga buah kelopak seperti bunga badam pada cabang yang lain serta dengan sepucuk kuncup dan sebiji bunga, demikianlah hendaklah keenam cabang itu terbit daripada batang kaki pelita itu.
34. Maka pada kaki pelita sendiripun hendaklah ada empat buah kelopak, seperti bunga badam rupanya serta dengan kuntumnya dan bunganya.
35. Ia itu sepucuk kuncup di bawah dua cabang yang terbit daripadanya, dan lagi sepucuk kuncup di bawah dua cabang yang terbit daripadanya; demikian hendaklah keenam cabang yang terbit daripada batang kaki pelita itu.
36. Segala kuntumnya dan segala cabangnya hendaklah terbit daripadanya, semuanya itu iras jua daripada emas yang terupam dan tulen.
37. Maka hendaklah kau perbuatkan dia pelita tujuh buah, supaya apabila dipasang maka segala pelita itu menerangkan kedua pihak sebelah menyebelah.
38. Maka segala sepitnya dan pemadamnya hendaklah daripada emas semata-mata suci.
39. Maka daripada emas semata-mata suci, banyaknya setalenta, hendaklah kau perbuat akan segala perkakas yang tersebut itu.
40. Dan ingatlah baik-baik kauperbuatkan semua-nya atas teladan, yang telah ditunjuk kepadamu di atas bukit itu.

Terjemahan baru
Keluaran 25:31-40
31. Haruslah engkau membuat kandil dari emas murni; dari emas tempaan harus kandil itu dibuat, baik kakinya baik batangnya; kelopaknya--dengan tombolnya dan kembangnya--haruslah seiras dengan kandil itu.
32. Enam cabang harus timbul dari sisinya: tiga cabang kandil itu dari sisi yang satu dan tiga cabang dari sisi yang lain.
33. Tiga kelopak yang berupa bunga badam pada cabang yang satu--dengan tombol dan kembangnya--dan tiga kelopak yang serupa pada cabang yang lain--dengan tombol dan kembangnya--;demikianlah juga kaubuat keenam cabang yang timbul dari kandil itu.
34. Pada kandil itu sendiri harus ada empat kelopak berupa bunga badam--dengan tombolnya dan kembangnya.
35. Juga harus ada satu tombol di bawah sepasang cabang yang pertama, yang timbul dari kandil itu, dan satu tombol di bawah yang kedua, dan satu tombol di bawah yang ketiga; demikianlah juga kaubuat keenam cabang yang timbul dari kandil itu.
36. Tombol dan cabang itu harus timbul dari kandil itu, dan semuanya itu haruslah dibuat dari sepotong emas tempaan yang murni.
37. Haruslah kaubuat pada kandil itu tujuh lampu dan lampu-lampu itu haruslah dipasang di atas kandil itu, sehingga diterangi yang di depannya.
38. Sepitnya dan penadahnya haruslah dari emas murni.
39. Dari satu talenta emas murni haruslah dibuat kandil itu dengan segala perkakasnya itu.
40. Dan ingatlah, bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu."

King James Version
Exodus 25:31-40

31. And thou shalt make acandlestick of pure gold; of beaten work shall the candlestick be made: his shaft, and his branches, his bowls, his knops, and his flowers, shall be of the same.
32. And six branches shall come out of the side of it; three branches of the candlestick out of the one side, and
33. Three bowls made like unto almonds, with a knop and a flower in one branch; and three bowls made like almonds in the other branch, with a knop and a flower; so in the six branches that come out of the candlestick.
34. And in the candlestick shall be four bowls made like unto almonds, with their knops and their flowers.
35. And their shall be a knop under two branches of the same, and knop under two branches of the same, and knop under two branches of the same, according tonthe six branches that proceed out of the candlestick.
36. Their knops and their branches shall be of the same; all of it shall be one beaten work of pure gold.
37. And thou shalt make the seven lamps thereof; And they shall light the lamp thereof, that they may give light over against it.
38. And the tongs thereof, and the snuff dishes there of, shall be of pure gold.
39. Of a talent of pure gold shall he make it, with all these vessels.
40. And look that thou make them after their pattern, which was shewed thee in the mount.

2. PELAKSANAAN

Terjemahan lama

Keluaran 37:17-24

17. Maka diperbuatkannya pula sebuah kaki pelita daripada emas semata-mata suci, dan diperbuatkannya kaki pelita itu dengan terupam batangnya dan cabang-cabangnya, maka segala kelopaknya dan kuntumnya dan bunganyapun iras juga.
18. Maka enam cabang keluarlah daripada sisinya, tiga cabang daripada satu sisi kaki pelita, dan tiga cabang daripada sisinya yang lain.
19. Maka tiga buah kelopak seperti bunga badam rupanya pada sebatang, serta dengan sepucuk kuncup dan sebiji bunga, dan tiga buah kelopak seperti bunga badam rupanya pada batang yang lain, serta dengan sepucuk kuncup dan sebiji bunga, demikian adalah keenam cabang yang terbit daripada batang kaki pelita itu.
20. Tetapi pada kaki pelita sendiripun adalah empat buah kelopak seperti bunga badam rupanya serta dengan kuntumnya dan bunganya.
21. Yaitu sepucuk kuncup di bawah dua cabang yang terbit daripadanya, dan lagi sepucuk kuncup di bawah dua cabang yang terbit daripadanya, dan lagi pula sepucuk kuncup di bawah dua cabang yang terbit daripadanya, demikianlah keenam cabang yang terbit daripada batang kaki pelita itu.
22. Segala kuntumnya dan segala cabangnya terbitlah daripadanya, semua itu iras jua, daripada emas yang terupam dan semata-mata suci.
23. Maka diperbuatkannya akan dia tujuh buah pelita, dan segala sepitnya dan pemadamnya daripada emas semata-mata suci.
24. Maka diperbuatkannya dia daripada emas semata-mata suci setalenta beratnya serta dengan segala perkakasnya.

Terjemahan Baru

Keluaran 37:17-24

17. Dibuatnyalah kandil itu dari emas murni; dari emas tempaan dibuatnya kandil itu, baik kakinya baik batangnya; kelopaknya - dengan tombolnya dan kembangnya - dibuat seiras dengan kandil itu.
18. Ada enam cabang timbul dari sisinya: tiga cabang kandil itu dari sisi yang satu dan tiga cabang dari sisi yang lain.
19. Tiga kelopak yang berupa bunga badam pada cabang yang satu - dengan tombol dan kembangnya - dan tiga kelopak yang serupa pada cabang yang lain - dengan tombol dan kembangnya-;demikian juga dibuat keenam cabang yang timbul dari kandil itu.
20. Pada kandil itu sendiri ada empat kelopak berupa bunga badam - dengan tombolnya dan kembangnya.
21. Juga ada satu tombol di bawah sepasang cabang yang pertama yang timbul dari kandil itu, dan satu tombol di bawah yang kedua, dan satu tombol di bawah yang ketiga; demikianlah juga dibuat keenam cabang yang timbul dari situ.
22. Tombol dan cabang itu timbul dari kandil itu, dan semuanya itu dibuat dari sepotong emas tempaan yang murni.
23. Dibuatnyalah pada kandil itu tujuh lampu dengan sepitnya dan penadahnya dari emas murni.
24. Dari satu talenta emas murni dibuatnyalah kandil itu dengan segala perkakasnya.

King James Version

Exodus 37:17-24

17. And he made the candlestick of pure gold; of beaten work made he the candlestick; his shaft, and his branch, his bowls, his knops, and his flowers, were of the same.
18. And six branches going out of the sides thereof; three branches of the candlestick out of the one side thereof, and three branches of the candlestick out of the other side thereof.
19. Three bowls made after the fashion of almonds in one branch, a knop and a flower; and three bowls made like almonds in another branch, a knop and a flower; so throughoutthe six branches going out of the candlestick.
20. And in the candlestick were four bowls made like almounds, his knops, and his flowers.
21. And a knop under two branches of the same, and a knop under two branches of the same, and a knop under two branches of the same, according to the six branches going out of it.
22. Their knops and their branches were of the same; all of it was one beaten work of pure gold.
23. And he made his seven lamps, and his snuffers, and his snuff dishes, of pure gold.
24. Of a talent of pure gold made he it, and all the vessels thereof.

TERJEMAHAN PERBANDINGAN

( dari semua terjemahan yang terdapat dalam daftar istilah )

KELUARAN 25:31-40

31. Haruslah engkau membuat sebuah kaki pelita dari emas murni itu harus dibuat dari pekerjaan tempaan: batangnya dan cabang-cabangnya, kelopak-kelopaknya, kuncup-kuncupnya, dan bunga-bunganya, haruslah seiras (dari sepotong yang sama).
32. Dan enam cabang harus keluar dari sisi-sisinya, tiga cabang dari kaki pelita itu keluar dari sisi yang satu, dan tiga cabang dari kaki pelita itu keluar dari sisi yang lain.
33. Ketiga kelopaknya dibuat serupa dengan bunga badam, pada satu cabang, dengan kuncup dan bunganya; dan tiga kelopak dibuat serupa bunga badam di cabang yang lain, dengan kuncup dan bunganya; demikianlah pada keenam cabang yang keluar dari kaki pelita itu.
34. Dan pada kaki pelita itu harus ada empat kelopak yang dibuat yang seperti badam dengan kuncup-kuncup dan bunga-bunganya.
35. Dan harus ada sebuah kuncup di bawah dua cabang dari yang sama, dan sebuah kuncup di bawah dua cabang dari yang sama, dan sebuah kuncup dibawah dua cabang dari yang sama sesuai dengan keenam cabang yang terbit dari kaki pelita itu.
36. Kuncup-kuncupnya dan cabang-ca-bangnya harus dari yang sama; semuanya harus dibuat dari satu potong emas murni yang ditempa.
37. Dan engkau harus membuat ketujuh pelita daripadanya, dan mereka harus menyalakan pelita itu, sehingga menerangi yang dihadapannya.
38. Den sepit-sepitnya dan penadahnya haruslah dari emas murni.
39. Dari satu talenta emas murni haruslah ia membuatnya dengan segala perkakasnya.
40. Dan perhatikanlah supaya engkau membuat semuanya menurut pola yang telah diperlihatkan kepadamu di atas gunung.

KELUARAN 37:17-24

17. Dan ia membuat kaki pelita itu dari emas murni; dari emas tempaan dibuatnya kaki pelita itu, batangnya dan cabangnya, kelopak-kelopaknya, kuncup-kuncupnya, dan bunga-bunganya, dibuat dari yang sama.
18. Dan keenam cabangnya keluar dari sisi-sisinya; tiga cabang dari kaki pelita itu keluar dari sisi yang satu dan tiga cabang dari kaki pelita itu keluar dari sisi yang lain.
19. Tiga kelopak dibuat seperti bunga badam dalam satu cabangnya, dengan kuncup dan bunganya, dan tiga kelopak dibuat seperti bunga badam dalam cabang yang lain, dengan kuncup dan bunganya, demikianlah enam cabang keluar dari kaki pelita itu.
20. Dan pada kaki pelita itu ada empat kelopak yang dibuat seperti bunga badam, dengan kuncup-kuncupnya dan bunga-bunganya.
21. Dan sebuah kuncup di bawah dua cabangnya yang timbul daripadanya (of the same) dan sebuah kuncup di bawah dua cabangnya yang terbit daripadanya (of the same), dan sebuah kuncup di bawah dua cabangnya yang terbit daripadanya (of the same) demikianlah enam cabang keluar dari kaki pelita itu.
22. Kuncup-kuncupnya dan cabang-cabangnya dari sepotong yang sama; semuanya dari sepotong emas murni yang ditempa.
23. Dan ia membuat tujuh pelita, dan sepit-sepitnya, dan penadah-penadahnya dari emas murni.
24. Dari satu talenta emas murni dibuatnya kaki pelita itu dengan segala perkakasnya.


Blessing Family Centre

Tidak ada komentar:

Posting Komentar